Bagi pemilik website terindeks di search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan yang lainnya merupakan hal yang sangat diharapkan karena akan mempercepat pengunjung untuk datang ke websitenya. Oleh karena itu perlu kita mengetahui cara agar website kita ramah dan mudah dikenali oleh search engine. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat kita jadi pertimbangan dalam merancang website kita.

Untuk mengindeks sebuah website masuk ke daftar hasil pencarian mereka biasanya search engine menggunakan program yang disebut dengan "crawlers" atau "robots". Crawlers dan robots ini aka mengikuti sebuah link yang terdapat di website, membaca isi halaman dan menyimpannya ke dalam database dan nantinya akan ditampilkan sebagai hasil pencarian pada halaman search engine sesuai dengan keyword yang digunakan oleh pencari.

Kalau kita ingin website kita mudah terindeks di search engine, kita sebaiknya mengindari penggunaan frame pada halaman website. Frame dapat membingungkan robot dari search engine yang berakibat halaman website kita tidak tersimpan dalam database search engine.

Kita juga sebaiknya jangan menyajikan informasi penting dalam bentuk animasi flash atau gambar tetapi dalam bentuk teks tulisan biasa seperti artikel. Hal ini disebabkan robot dari search engine hanya dapat mengenali teks pada source code program, sehingga akan lebih mempermudah search engine mengenali isi website kita melalui teks daripada animasi flash dan gambar.

Penggunaan meta tag pada website juga akan mempermudah kinerja robot search engine untuk mengindeks atau menyimpan website kita ke dalam data base. Karena pada meta tag kita dapat mendeskripsikan apa isi dan tujuan website kita serta keyword-keyword yang berhubungan dengan website kita sehingga secara sekilas robot tersebut mengetahui apa tujuan website kita.

Mengurangi penggunaan tag HTML seperti pada halaman website juga membantu mempermudah robot untuk mengindeks website kita ke search engine. Sebaiknya kita menggunakan CSS atau Cascading Style Sheets untuk menghilangkan tag HTML berlebihan sehingga halaman website kita akan terasa lebih ringan dan lebih cepat untuk diakses.