Ketika orang-orang masuk ke halaman web kita tentu kita berharap mereka meluangkan waktu dan perhatian untuk menelusuri apa saja yang kita tampilkan di web kita. Agar hal itu dapat tercapai, di bawah ini ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan sebelum kita membuat atau mendesain website kita.

1. Jangan Menggunakan Halaman Splash
Halaman Splash atau halaman pembuka adalah halaman pertama yang dilihat saat mengakses sebuah web yang berisi gambar-gambar menarik dan juga tampilan-tampilan flash animasi serta tulisan "klik disini untuk masuk". Lebih baik langsung menampilkan isi atau content web kita yang sebenarnya secara langsung, sehingga pengunjung yang mengakses web kita langsung dapat melihat apa yang mereka butuhkan.

2. Jangan Menggunakan Banner Iklan yang berlebihan
Sebaiknya content atau isi di web kita menampilkan apa yang benar-benar menjadi "jualan" kita di web tersebut. Misalnya web kita tentang sepakbola, maka isi dari web kita juga harus benar-benar tentang sepakbola, sehingga pengunjung yang mengakses web kita langsung mendapatkan apa yang mereka cari dan butuhkan.

3. Memiliki Menu Navigasi yang Sederhana dan Jelas
Kita sebaiknya menggunakan menu navigasi yang sederhana dan mudah untuk digunakan oleh pengunjung web kita dan mereka tahu kemana tujuan dari pencarian mereka di web kita. Selain itu kombinasi warna dari navigasi dan warna tulisan yang kita gunakan juga tidak terlalu mencolok yang bisa membuat "sakit mata" yang mengakibatkan mereka meninggalkan web kita.

4. Memiliki Indikasi yang jelas bahwa pengguna web berada di web yang benar Ketika pengunjung asyik dan meluangkan banyak waktu menelusuri web kita, berarti mereka telah berada di web yang tepat dan mereka cari. Sehingga kita harus menyediakan informasi yang relevan dan sesuai dengan topik dan deskripsi web kita serta dibantu dengan menu navigasi yang mudah.

5. Hindari menggunakan audio di Web Jika kita menginginkan pengunjung untuk meluangkan waktu yang lama menelusuri web kita, ada baiknya mereka tidak terganggu dengan audio yang berulang-ulang di web, kecuali kalau memang web yang kita buat berhubungan dengan dunia musik.